Minggu, 27 Desember 2015



"Solid Inside Profesional Outside"

Untuk PE pada khususnya kita berkontribusi,
kerja keras untuk membangun jiwa pemimpin kita,
Karena kita satu, dalam organisasi HIMA PE,

yuk yg berminat, berkompeten, dan telah memenuhi syarat yang ditentukan,
bagi kamu Mahasiswa Pendidikan Ekonomi semester 2-4,
daftarkan dirimu segera!
cermati baik-baik tanggal penting diatas!
Ikuti litsusnya,
tunjukkan bahwa dirimu patut menjadi fungsionaris Hima PE 2016.

untuk mendapatkan formulir pendaftarannya silahkan klik disini

Minggu, 13 Desember 2015

                                                       Ini dia calon Ketua Hima kita..

Siapakah Ketua Hima selanjutnya di tahun 2016?
Apakah Iwan Rusliyanto? Ataukah Irvan Ariyanto?
Keduanya merupakan sama-sama kandidat calon yang memiliki jiwa pemimpin  dan patut menjadi ketua Hima PE. Siapapun nantinya yang menjadi ketua hendaknya yang akan membawa kemana Hima PE selanjutnya,
Ketua adalah pemimpin. Dan pemimpin merupakan orang yang mampu memimpin. Bukan hanya mampu mengatur dan mengelola organisasinya, namun juga mampu merangkul bersama-sama dengan staf dibawahnya untuk bekerja, mengabdi kepada negeri, khususnya kepada mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi.
Pemimpin yang berwibawa, bijaksana, tegas, dan menjunjung tinggi solidaritas adalah sosok pemimpin yang dibutuhkan sesuai dengan slogan Hima PE yaitu "Solid Inside Profesional Outside".
Diharapkan siapapun ketua Hima PE nantinya semoga mampu membawa Hima PE ke depan menjadi lebih baik dan semakin baik.

Senin, 23 November 2015

Daftar Fungsionaris Kabinet Gotong Royong
HIMA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI
Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Semarang
Masa Bakti 2015
No Nama Jabatan Mobile
001 Pengurus Harian
1 Cahya Purnomo Ketua 087711758186
2 Annisa Ayu Intan F Wakil Ketua 081808571315
3 Silfi Maulidah Sekretaris I 085740615728
4 Tria Budi Setiani Sekretaris II 08562623187
5 Heni Amalia Bendahara I 089678392039
6 Santi Marlina Bendahara II 085642854853
7 Suci Eza Maulina Ketua RTO 085742630769
8 Iqbalina Zahro Sekretaris RTO 085741323255
9 Nailatul Hidayah Bendahara RTO 08775790765
10 Nisrina Nur Amalia Staff Muda RTO 083861628238
002 Departemen PPSDM
1 Prafada Putra Pangestu Ketua Dept. 081904327740
2 Dian Ria Mukti Sekretaris Dept. 085747959137
3 Septiani Nur Amalia Bendahara Dept 083838860848
4 Sofie Fadhilah Comas Staff Ahli 085713022777
5 Imam Romawan Staff Ahli 085741903595
6 Muhammad Naufal Ramiz Staff Madya 085724200299
7 Muningsih Rahayu Staff Madya 085600805854
8 Dhea Fiera Nindya Staff Madya 087724114064
9 Vika Setya Wati Staff Madya 089614423028
10 Anindya Hardiningtyas Staff Madya 085740712868
11 Yureza Rian Wibowo Staff Muda 085647029718
003 Departemen Minat dan Bakat
1 Sahrul Gunawan Ketua Dept. 089635149700
2 Siti Rikhayati Sekretaris Dept. 085742491943
3 Nur Maizah Rahmawati Bendahara Dept 085742629985
4 Putri Adininggar W Staff Ahli 083861407823
5 Dika Novita Sari Staff Madya 089628966389
6 Lili Esmiati Staff Madya 085740974874
7 Naili Rohmaniyah Staff Madya 087747868231
8 Eka Dewi Saputri Staff Madya 085742662939
9 Audi Rizka Pratama Staff Madya 085729296200
10 Bambang Jumadi Staff Madya 085642264175
11 M. Sugeng Prayitno Staff Muda 089667661975
004 Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa
1 Rudi Aji Indrawan Ketua Dept. 081902577003
2 Dinda Trisna Paramita Sekretaris Dept. 085747753992
3 Lely Rofika Bendahara Dept 089503802503
4 Rival Adha Saleh Staff Ahli 089687879960
5 Maulana Noor Efendi Staff Madya 089694208291
6 Siti Retno Wati Staff Madya 085643131613
7 Irvan Ariyanto Staff Madya 085713365157
8 Nindya Purnama Staff Madya 087716166740
9 Iwan Rudiyanto Staff Muda 085642264175
10 Neni Triana Staff Muda 085741121355
11 Alfiah Mudrikah Staff Muda 085747875276
Departemen 
1 Sefko Bintang Guntara Ketua Dept. 089678056233
2 Istiqlala Nur Amalia Sekretaris Dept. 085743677110
3 Viulfah Andriyani Bendahara Dept 085742464675
4 Nurul Fadri Staff Madya 082225329998
5 Iin Dyah Ayuni Staff Madya 089668710854
6 Nana Eny Maspuatin Staff Madya 085600127403
7 Retno Herawati Staff Madya 085799372696
8 Muhammad Sayafi'i Staff Madya 089608413550
9 Maghfiroh Tri Utami N Staff Madya 085643535299
10 Putri Titi Pertiwi Staff Madya 085715806064
11 Rizka Puti Noveria Haryadi Staff Muda 085743751377
006 Departemen Keuangan
1 M. Suprasetya Ketua Dept. 085740703080
2 Dita Alfitami Sekretaris Dept. 089669738109
3 Mulia Nina Novia Sari Bendahara Dept 087830881812
4 Mila Aristuti Staff Madya 085742866519
5 Gandhis Arine Oktyama Staff Madya 085713144665
6 Ulis Rofikoh Staff Madya 085786309996
7 Edison Staff Muda 081990090609
8 Tri Joko Budi Utomo Staff Muda 087700388577
9 Resti Ayu Sapitri Staff Muda 085726772234
10 Achirina Staff Muda 085870443736
11 Erlina Setya Salahudin Staff Muda 08976205059
Hima Pendidikan Ekonomi Present :
Celebration Nigth of Pendidikan Ekonomi (CINEPEX)  
merupakan Puncak kegiatan Gebyar Pendidikan Ekonomi yang rutin dilaksanakan setiap semester ganjil sebagai ajang kreativitas mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 
kegiatan ini meliputi berbagai macam perlombaan diantaranya :
1. Lomba Film Pendek
2. Lomba Pendidikan Ekonomi Nulis AKtif (PENA)
3. Lomba Media Pembelajaran
4. Lomba PE Got Talent
5. Lomba Numero Uno
dan di akhiri dalam puncak inagurasi pada tanggal 29 November 2015 yang akan diselenggarakan di gedung B6 FBS Unnes pukul 19.00- selesai yang akan dimeriahkan oleh :
1. Finalis Pe Got Talent
2. Magician
3. Pingkel Standing band
4. Relistis Aja band
dengan stand up comedy dari Wiranegara (SUCI 5),

ayo meriahkan acara Cinepex .. 
HTM cuma 10K presale, 15K dan 30K untuk On the spot.

Kuota terbatas!

jangan sampai terlewatkan!

Minggu, 15 November 2015

Hai hai ada yang baru niih grin emoticon
Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES proudly present :
celebration night of pendidikan ekonomi with WIRA (SUCI 5) on november 29, 2015 at B6 FBS unnes grin emoticon
other prformance:
pingkel standing
realistis aja
magician
dance creation
PE got talent
and many more
ticket price :
presale 10K (limited quote)
HTM 15K
on the spot 30K
open gate 6.30 pm
so don't miss it guuys for having laugh with WIRANAGARA on cinepex 2015. stand up comedy indonesia let's make laugh grin emoticon
ticket information:
085743677110 (lala)
085715806064 (putri)

Minggu, 18 Oktober 2015

SELAMAT ANDA DINYATAKAN LOLOS 5 BESAR DUTA PENDIDIKAN EKONOMI 2015

1.       SITI MUSTIKA FATMA                       P.AKT C 2013
2.       RISALATUL SYARIFAH                     P.AKT B 2013
3.       NUR FARIDA HAQ                              P.AKT A 2013
4.       SUSI YANINGSIH                                P.AKT C 2014
5.       TUNENG MUGI LESTARI                   P.AP B 2015

1.       EDISON                                                 P.AKT A 2014
2.       AJI R.A                                                  P.AKT C 2014
3.       DANANG IRAWAN                             P.AKT A 2013
4.       IMAM ROMAWAN                              P.KOP B 2013
5.       PAMUJI DESIANTORO                       P.KOP B 2014

Catatan :

Kepada para peserta Duta Pendidikan Ekonomi 2015 yang telah dinyatakan lolos masuk 5 besar dimohon untuk mengikuti Technical Meeting pada hari Senin tanggal 19 Oktober 2015 pukul 19.30 WIB. Lokasi di depan PKM HIMA PE. Terimakasih

Sabtu, 17 Oktober 2015

Hai-hai kalian yang udah nggak sabar nunggu pengumuman hasil seleksi tahap 1 Dupe Pendidikan Ekonomi,
ini nih daftar nama peserta lolos seleksi tahap 1 Duta Pendidikan Ekonomi 2015

10 Besar Finalis Putri :
1. Siti Mustika Fatma
2. Susi Yaningsih
3. Desti Rizqiana
4. Widya Ayu R
5. Iin Dyah Ayuni
6. Nur Farida Haq
7. Widiyati
8. Fina Ramadina
9. Tuneng Mugi l
10. Risalatul Syarifah

10 Besar Finalis Putra :
1. Edison
2. Aji R. A
3. Imam Romawan
4. Angger Kholif
5. Rachmat Firman
6. Danang Irawan
7. M. Khoirul Anam
8. Audi Rizka Pratama
9. Pamuji Desiantoro
10. Moh. Rijal Luthfi M

Kepada peserta yang telah lolos ke dalam 10 besar, diharapkan datang untuk test bakat pada hari Minggu, 18 Oktober 2015 pukul 07.30 WIB.

Berkumpul di ruang PKM HIMA Pendidikan Ekonomi

Drescode : Bebass sopan

Properti   : Dipersiapkan oleh masing-masing peserta

Pengumpulan softfile paling lambat 15 menit sebelum menampilkan bakat.

Kamis, 08 Oktober 2015

Ini nih salah satu acara besar Hima Pendidikan Ekonomi dari tahun ke tahun yang selalu mendapatkan juara-juara terbaik dalam bidang olahraga, jadi tidak hanya para calon ahli ekonomi maupun akuntan dari mahasiswa Pendidikan Ekonomi, namun juga ada banyak mahasiswa berbakat,
Hima Pendidikan Ekonomi memberikan wadah untuk menguji kemampuan mahasiswa,
Pertandingan yang dilaksanakan setiap pukul 15.00 sampai 17.00 ini sudah berlangsung sejak tanggal 5 Oktober dan akan berakhir pada tanggal 18 Oktober mendatang,
diantaranya cabang olahh raga yang dilobakan antara lain:
voli campuran, futsal putra, futsal putri, dan tarik tambang putra maupun putri.
ayoo buruan ramaikan lapangan depan C3 ..
dukung rombelmu agar jadi juaranya :D

Selasa, 06 Oktober 2015

Material Ability and Skill Competition (MASCOT)
Hima pendidikan ekonomi


TEMA KEGIATAN
PadukanPrestasi, Tingkatkan Kompetensi di PendidikanEkonomi

BENTUK KEGIATAN
Lomba cerdas cermat mahasiswa pendidikan ekonomi, meliputi mata kuliah prodi, ekonomi dan umum.

SISTEMATIKA KEGIATAN
·         Penyisihan Babak I (Peserta mengerjakan soal testertulis sejumlah 100 soal dalam  waktu 100 menit).
·         Penyisihan Babak II (masing-masing kelompok mengerjakan soal praktek  sesuai  dengan program studi masing-masing).
·         Babak final (masing-masing tim yang telah lolos pada babak penyisihan mempresentasikan karya ilmiah yang telah dibuat). Waktu yang disediakan untuk mempresentasikan karya ilmiah 30 menit (5 menit untuk persiapan, 15 menit untuk presentasi, dan 10 menit untuk tanya jawab).

Minggu, 04 Oktober 2015

Hai hai pecinta jurnalista..
Kabar gembira untuk kalian yang pengen tahu atau yang menyukai dunia JURNALISTIK. Ini niih wajib kalian ikutin yaa. workshop yang berbeda dari yang lainnya, yang udah dipastiin bakalan seru dengan pembicara yang berpengalaman dalam. dunia jurnalistik. khusus ada di HIMA Pendidikan Ekonomi
HIMA Pendidikan Ekonomi UNNES present Workshop jurnalistik dan public speaking bersama

Jumat, 02 Oktober 2015

setelah melakukan litsus selama 3 hari sejak tanggal 30 September-2 Oktober dengan pendaftar sejumlah 181 orang di PKM Joglo FE Unnes Pukul 16:00 wib-22:00 wib.
selanjutnya dilakukan rapat bersama maka diputuskan bahwa ada 42 Mahasiswa pendidikan ekonomi yang lolos MAGANG Fungsionaris HIMA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FE UNNES, dengan plotting sebagai berikut:

PLOTING MAGANG FUNGSIONARIS
HIMA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI 2015
   
Pengurus Harian  
Sekertaris Jaza'ul Muslimah
Ermila Firas Nani
Bendahara Mia Amalia
Yuni Laili Sofa
RTO Debby Shintya Nandey
M. Tri Ashabi
Paradita Gadhis W
   
Departemen PPSDM  
Staff Ani Chudaifah
Rahmat Firmah Maulana
Wildo Dwi Amaliyah
Ahmad Ulin Naf'i
Kharisma
Fiki Andriani
Mayang Mareta Putri
   
Departemen Minat dan Bakat  
Staff Aditya Surya Nugroho
Muhammad Khoirul Anam
Muhammad Farid Maulana
Monalisa Susnilasari Saputri
Yuni Rahmawati
Yulia Ratnasari
Oriesta Dhea Budi Utami
   
Departemen ADKESMA  
Staff Agustina Maharani
Endang Purwaningsih
Nafidina Nur M
Andrianto
Wahyu Istianingtyas
Muhammad Imam Bahrudin
Tieka Prawoto
   
Departemen INFOKOM  
Staff Reza Fitriansyah
Rizqi Mustika Wati
Mutiara Wahyuni
Nia Dani Rahayu
Solihin
Verend Arysdhiati
Indriyani Husen
   
Departemen Keuangan  
Staff Ruffiah
Rosaviki Yusriya
Siti Bekti Ambariyah
M. Fadnil Aq
Lulu' Endah Khariri
Moh. Rijal Luthi Mastur
Hafid Nur Syawal

Selamat dan sukses bagi yang diterima magang HIMA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI 2015. dan bagi yang belum diterima jangan menyerah masih dapat mencoba di litsus Fungsionaris HIMA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FE UNNES.

Teruntuk yang diterima jangan lupa besok ada pertemuan perdana
Tempat      : Samping C7
Waktu        : 13:00 Wib

Terimakasih atas perhatiannya.
Semoga bermanfaat.
^_^
SOLID INSIDE, PROFESIONAL OUTSIDE!!!

Selasa, 22 September 2015

Kabar gembira intuk kits semua..
Hima PE telah membuka Oprec Magang Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan EKonomi,
Untuk kamu mahasiswa aktif juruan Pendidikan Ekonomi semester 1 dan 3 yang ingin ikut serta andil dalam Hima PE yuuk daftarkan diri kamu segera...
catat tanggal-tanggal penting diatas,
Pendaftaran tanggal 21-27 September 2015 via sms dengan format Nama_NIM_Prodi_Waktu litsus
kirim ke 08562623187 (Tria)
Pelaksanaan litsus tanggal 30 September - 2 Oktober 2015  pukul 16.00 - 21.00 di PKM Joglo FE Unnes .
Pengumuman tanggal 3 Oktober 2015. di www.himape.org

Kamis, 27 Agustus 2015

Hey Ledies.. 
buat kamu yang ingin tahu rahasia cantik natural, 
buat kamu yang ingin tutorial hijab,
dan buat kamu yang ingin dapet ilmu mengenai kecantikan, 
gabung yuuk dalam acara kami,
Hima Pendidikan Ekonomi Unnes Unnes menyelenggarakan acar "Beauty Class" bersama Wardah,
hanya dengan HTM 50rb, kamu dapet voucher make up Wardah Rp30rb, sertifikat, doorprize, serta ilmu dong tentunya.. buruan daftarkan dirimu dg cara
ketik Nama_instansi/univ_no.hp kirim ke 085870443736(achirina)
bertempat di gedung C3 114-116 FE Unnes 12 September 2015, pkl 08.00-selesai. Untuk pembayaran online bisa langsung kirim ke rekening BNI 0340182005 a.n Heni Amalia.
Buruan gabung.. kuota hanya 200 orang. grin emoticon jangan sampai kehabisaan yah :)

Jumat, 31 Juli 2015

Hai kalian para calon-calon mahasiswa..
Tak terasa bulan Juli 2015 sudah selesai, kini saatnya menyambutbulan baru lagi yaitu bulan Agustus, bulan yang sangat bersejarah bagi bagsa Indonesia dan tentunya akan menjadibulan bersejarah pula bagi kalian calon mahasiswa Unnes jalur SPMU khususnya yang akan mengambil jurusan Pendidikan Ekonomi.
Satu hari lagi tes tertulis akan dilaksakan, untuk kalian yang rumahnya jauh pasti hari ini sudah sibuk mempersiapkan bekal dan perlengkapan untuk mengikuti serangkaian tes jalur SPMU.
Persiapkan baik-baik dirimu, karena ini adalah jalur terakhir kesempatan kalian masuk di Unnes. Jangan lupa doa dan restu orang tua yang paling utama harus kalian bawa dari rumah.
Semangat ! :)

Minggu, 19 Juli 2015

Hai para civitas Ekonomi ..
Tak terasa ya lebaran sudah merujuk pada hari ke 4, itu tandanya cuti bersama para pegawai hingga karyawan sudah mulai berakhir, dan khusus untuk mahasiswa aktivis seminggu lagi sudah mulai efektif kembali mennyusun agenda-agenda untuk melancarkan progjanya masing-masing. Begitu pula dengan aktivis Hima Jurusan Pendidikan Ekonomi sedang gencar-gencarnya mempersiapkan matang-matang untuk event-event besar yang sebentar lagi diselenggarakan .
Nah kalian pasti penasaran ya apa sih yang menjadi event terbesar dari progja kami,
untuk yang terdekat ada Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi.
Seminar bergengsi ini selain untuk mahasiswa juga ditujukan kepada para civitas pendidikan yang ada di Indonesia.
Adapun informasi lebih lanjut bisa langsung dibuka di http://semnaspe.org/ .
Kalian yang ngaku sebagai pengajar, maupun calon pengajar di bidang ekonomi pada umumnya jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan kiat-kiat khusus dalam mengajar.

Jumat, 17 Juli 2015


Takbir mulai berkumandang, gema takbir saling bersahutan dr seluruh penjuru dunia. Hari Nan Fitri telah tiba.. yaa, harinya kita wahai umat Islam. Sudah pantaskah dirimu merayakan Idul Fitri dg puasa Ramadhanmu? sudah sucikah hati dan pikiranmu?
Mari kita saling berintrospeksi diri. Mengawali hari dengan hati nan Suci di Hari yg Fitri. Semoga kita semua mendapatkah hikmah dibalik Hari Raya Idul Fitri 1436 H. yaa.. it's your day moslem.. Happy Lebaran Day.
Meskipun Maaf tak harus dilakukan pd tgl 1 Syawal. namun alangkah baiknya kita benar" belajar mulai dr selarang utk bisa ikhlas memafkan kesalahan org lain dan ikhlas memulai meminta maaf kpd org yg kita buat salah. Jangan hanya tangan yg saling berjabat. yg terpenting adalah hablumminallah dan hablumminannas.
Sejalan dengan berlalunya Ramadhan tahun ini
Kemenangan akan kita gapai
Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi
Dalam kesempatan hidup ada keluasan ilmu
Hidup ini indah jika segala karena ALLAH SWT
Kami ,,, HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNNES mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H
Taqobalallahu minna wa minkum Mohon maaf lahir dan bathin

 wink emoticon

Kamis, 09 Juli 2015

Hai guys.. jangan bosan-bosan membaca postingan dari Hima Pe yah, terutama buat kamu para mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unnes :)
 Di website ini segala informasi terbaru akan kami beritahukan untuk kalian semua.
Nah untuk hari ini apa sih yang menjadi trending topik di segala media sosial atau bahkan di segala penjuru dunia pendidikan perguruan tinggi, Yaps tetap sekali, hari ini adalah waktu yang sangat bersejarah bagi kalian para pejuang sbmptn. Setelah satu bulan menanti dari perjuangan mengerjakan soal, lalu berdoa bertawaal, siap nggak siap kalian tentu harus siap membuka pengumuman tersebut di laman pengumuman.sbmptn.or.id .

Minggu, 05 Juli 2015

Kebersamaan tiada tara yang selalu kita luangkan untuk keluarga kita tercinta Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi tak terkecuali untuk meramaikan semarak Ramadhan dengan acara Buka Bersama yang dilaksanakan kemarin tanggal 3 Juli 2015. Hima yang berjargon solid inside profesional outside ini memang benar-benar dapat diwujudkan melalui berbagai kegiatan yang dapat memupuk jiwa kekeluargaan antar sesama fungsionaris.
Buka bersama kali ini diawali dengan tadarus bersama kataman 30 juz, dilanjutkan dengan tausiyah sebagai pembicara adalah salah satu fungsionaris yang ditunjuk berdasarkan hasil kocokan dalam kertas lintingan. Hal ini jga bertujjuan untuk memupuk ketrampilan fungsionar untuk bisa berbicara khususnya berceramah didepan umum dengan pengetahuan agama yang ia miliki.
Selanjutnya adalah acara inti yaitu buka bersama yang dilaksanakan di tempat favorit para aktivis FE yaitu PKM joglo :) setelah kenyangm ditempat yang sama dilaksanakan salat berjamaah yang diimami langsung oleh Ketua Hima Pe yaitu Cahya Purnomo.
Berikut adalah suasana ketika tadarus bersama
Photograp by Iin Ayuni

Rabu, 24 Juni 2015

Hai guys.. 
Tak terasa ya semester genap hampir selesai, itu artinya Ujian Akhir Semester telah menanti, tinggal menghitung hari jadwal dari universitas mengenai ujian akan segera dilaksanakan.
Bagaimana persiapan teman-teman nih? sudahkah belajar jauh-jauh waktu karena melihat materi yang bertumpuk-tumpuk buku, atau ada yang mau mengandalkan sistem SKS alias Sistem Kebut Semalam..
Untuk kamu yang mahasiswa jurusan Pendikan Ekonomi jangan khawatir jika bingung karena dosen nggak ngasih tahu materi yang mana aja sih yang bakalan keluar besok? atau gimana bentuk soal Ujian Akhir itu seperti apa. Biasanya dari tahun ke tahun para dosen membuat soalnya tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Palingan cuma diganti angka atau kasus yang sedang terjadi sekarang ini. 

Kamis, 11 Juni 2015

ALhamdulillah....
Salah satu progja kami, Hima PE Unnes khususnya progja departemen infokom yaitu melakukan studi banding telah sukses kami laksanakan. Sudi banding tahun ini yaitu kunjungan ke Hima Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Kunjungan ini bertujuan untuk membandingkan program kerja di kedua ormawa tersebut sekaligus menimba ilmu dari masing-masing program unggulan di Hima PE Unnes dan Hima PE UNY.
Dan banyak sekali ilmu-ilmu baru yang kita dapatkan  dari hasil stuba kemarin. Meskipun sempat ada kendala masalah waktu yang memang cukup sulit untuk menyamakan waktu luang kepada masing-masing peserta dari Hima Pe Unnes maupun dari UNY, karena mengingat sibuknya dan banyaknya agenda-agenda penting dari kedua ormawa tersebut.Akhirnya studi banding dapat dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Juni 2015
Kami selaku fungsionaris peserta kunjungan merasa sangat bahagia karena kedatangan kami yang disambut ramah dari Hima PE UNY. Selain ilmu yang dapat kami peroleh, keakraban dari masing-masing fungsionaris juga dianggap penting untuk memupuk silaturahim antara Hima PE yang tergabung dalam HIMAPESI (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Seluruh Indonesia) ini.
Ini adalah bebrapa dokumentasi ketika berkunjunga di Hima PE FE UNY.




Photograph by : Sugeng

Selasa, 09 Juni 2015

Senin, 08 Juni 2015

Pelaksanaan test sbmptn test tertulis sudah selesai nih, akhirnya untuk kamu-kamu yang memilih jurusan saintek yang ditempatkan di Unnes, pastinya udah lega dong.. sekarang tibalah kalian berdoa dan berserah diri kepada-Nya. semoga perjuangan kalian diberikan hasil yang setimpal. aamiin
untuk kalian yang masih ikut test ketrampilan besok tetap semangat yaah..
owz, kabar baik untuk yang mau banding karena merasa keberatan dengan UKT mu, segera lengkapi berkas-berkasmu dan ajukan ke bagian keuangan universitas di gedung BAUK sebelah rektorat. isikan data-datamu yang lengkap dan jujur, semoga UKT mu seseuai dengan kondisi keluargamu.. aamiin
Untuk adik-adikku calon mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi gabung yuk di facebooknya Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unnes 2015 atau twitter @HMJPE_UNNES atau juga di IG : @hmjpeunnes agar adik-adik bisa segera update info terbaru khusus mengenai jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Unnes.
Selamat datang calon mahasiswa baru Pendidikan Ekonomi FE Unnes :)

Selasa, 02 Juni 2015


Alhamdulillah program kerjaa Hima PE yaitu Dialog Interaktif edisi Bedah Skripsi pada tangggal 30 Mei 2015 telah sukses dilaksanakan. Program kerja yang dikenal dengan istilah keren Log In ini secara rutin diadakan tiap tahun oleh Hima PE. Tahun ini dengan pembicara special yaitu Mb Mia adalah seorang wisudawati terbaik tahun 2014 yang berasal dari Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Unnes. Selain itu Hima PE juga mengundang Bapak Ade Rustiana selaku ketua jurusan Pendidikan Ekonomi yang juga menjadi pembicara dalam dialog interaktif edisi Bedah Skripsi. Walaupun acara ini sempat mengalami kendala mengenai ruang, karena semula acara ini akan diselenggarakan di ruang C3 115-116, namun karena suatu kendala akhirnya dipindahkan ke ruang lain tepatnya di gedung K3 lantai 2. 
Semoga acara ini bermanfaat untuk para peserta khususnya, dan tahun depan semakin banyak pesertanya agar mahasiswa Pendidikan Ekonomi khususnya dan mahasiswa Unnes umumnya semakin baik dan berkualitas. aamiin
Berikut adalah beberapa dokumen acara Hima 




Photograph : Istiqlala

Minggu, 31 Mei 2015

                             



Hari ini tepat tanggal 1 Juni 2015 diperingati sebagai hari Lahirnya Pancasila. Hal itu mengajak kita menengok sebentar bagaimana kondisi Indonesia 70 tahun yang lalu. Yaitu ketika Ir. Soekarno pertama kali mencetuskan nama Pancasila sebagai nama Dasar Negara Indonesia, ketika sidang BPUPKI pertama.

Selasa, 26 Mei 2015

Hai kamu calon-calon mahasiswa baru, tak terasa ya sebentar lagi test SBMPTN segera dilaksanakan. Sudah siapkah kalian? Persiapan apa saja yang sudah kalian persiapkan sejak saat ini?
Jika kamu mendengar test SBMPT apa sih yang ada di benak kamu? Bagaimana sih alur atau proses pelaksanaan test SBMPTN? Apakah sama dengan soal Ujian Nasional?
Nah, khususnya untuk para calon mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Unnes, kalian wajib tahu ketentuan-ketentuan yang ada pada SBMPTN. Selain mempersiapkan belajar soal-soal SBMPTN tahun lalu, prosedur pelaksanaan juga harus kalian ketahui agar kalian tidak bingung. Apa yang harus kalian pahami ketika mengikuti test SBMPTN.
1. Pendaftaran
Pendaftaran SBMPTN 2015 telah dibuka secara online di website http://pendaftaran.sbmptn.or.id mulai tanggal 11 Mei  2015 pukul 08.00 WIB sampai dengan 29 Mei 2015 pukul 22.00 WIB. Sebagai informasi, pengumuman hasil seleksi SNMPTN yang dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2015. Pendaftaran SBMPTN dibuka untuk lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun 2013, 2014, dan 2015. Biaya Pendaftaran sebesar Rp100.000,- dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, Kantor Pos setempat, atau ATM Bersama.
2. Pelaksanaan Ujian
Ujian tertulis SBMPTN rencananya akan digelar selama 1 hari tanggal 9 Juni 2015. Tanggal ini merupakan bersamaan waktu pelaksanaan daftar ulang bagi siswa yang telah diterima melalui jalur SNMPTN 2015. Daftar ulang SNMPTN tidak bisa diwakilkan, jadi misal kamu diterima SNMPTN tetapi ingin mengikuti SBMPTN, pilihannya ada 2:
  1. Tidak daftar ulang SNMPTN (yang berarti melepas status diterima SNMPTN) untuk mengikuti SBMPTN.
  2. Daftar ulang SNMPTN sehingga tidak bisa ikut SBMPTN.
Perlu diketahui juga bahwa melepas status diterima SNMPTN mungkin dapat mengurangi index sekolahmu di PTN yang telah kamu tinggalkan.
Nah untuk kalian, kurang seminggu lagi nih pelaksanaan test SBMPTN. Kalian tentu sudah siap dengan semuanya kan. Termasuk tempat tinggal sementara atau nama kerennya kost yang akan kalian tempati ketika test berlangsung. Khususnya bagi kalian yang rumahnya jauh, saya sarankan untuk datang satu hari sebelum hari pelaksanaan berlangsung. Karena selain agar kalian bisa mempersiapkan matang-matang bekal untuk test, kalian juga bisa adaptasi atau survey terlebih dahulu mengenai tempat dimana kalian mengikuti test. Untuk tahun 2014 kebetulan Unnes menjadi tempat ujian SBMPTN bidang IPA, Hampir 10.000 orang yang mengikuti test belum lagi hari itu juga bersamaan dengan waktu verifikasi bagi calon mahasiswa Unnes yang diterima melalui jalur SNMPTN. Bisa kalian bayangkan Unnes menjadi lautan manusia seketika. Jadi untuk kalian betul-betul harusn dioersiapkan semua .
3. Materi Ujian
Materi ujian SBMPTN tersebut terdiri dari:
  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), yang terdiri atas soal Tes Kemampuan Verbal, Numerikal, Figural, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, masing-masing 15 soal dengan alokasi waktu pengerjaan 105 menit;
  • Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek), yang terdiri atas soal Matematika IPA, Kimia, Fisika, dan Biologi, masing-masing 15 soal dengan alokasi waktu 105 menit; dan/atau
  • Tes Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum), yang terdiri atas soal Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, masing-masing 15 soal dengan alokasi waktu pengerjaan 75 menit.                                       4. Kelompok Ujian
  • Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:
    1. Kelompok Ujian Saintek  (IPA) dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek
    2. Kelompok Ujian Soshum  (IPS) dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum
    3. Kelompok Ujian Campuran (IPC)  dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.
    Kalian dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran tanpa dibatasi penjurusan di sekolah asal. Jadi buat yang misal SMA IPA, boleh ikut kelompok ujian Soshum atau Campuran, Tidak harus Saintek. Bagi yang SMK Akuntansi, boleh milih Kelompok Ujian Saintek, dll.
    5. Pemilihan Jurusan/Prodi
    Jika kamu hanya memilih 1 prodi dapat memilih prodi di PTN manapun, sedangkan jika kamu memilih 2 prodi atau lebih, maka salah satu pilihan prodi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempatmu mengikuti ujian. Peserta dibebaskan memilih lokasi ujian yang paling mudah diakses. Tempat ujian tidak menjadi kriteria penerimaan.
    Pembagian wilayah sesuai dengan aturan SBMPTN:
    1. Wilayah 1 meliputi seluruh PTN yang ada di Pulau Sumatera, Kalimantan Barat, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat (+ Untan);
    2. Wilayah 2 meliputi seluruh PTN yang berada di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta;
    3. Wilayah 3 meliputi seluruh PTN yang berada di Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan (- Untan); dan
    4. Wilayah 4 meliputi seluruh PTN yang ada di Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Papua.
Kamu dapat memilih prodi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti. Peserta kelompok ujian Saintek dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 prodi Saintek, peserta kelompok ujian Soshum dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 prodi Soshum, dan kelompok ujian Campuran dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 Prodi yang merupakan campuran dari kelompok Saintek dan Soshum. 

6. Hal yang sering salah dipahami

Selama menjadi admin di @info_SNMPTN, ada beberapa pertanyaan yang sangat sering ditanyakan dan kesalahpahaman dalam hal tersebut, antara lain:

A) Pemilihan jurusan, jenis tes dan wilayah

Kesalahpahaman ini mungkin disebabkan karena sebagian besar siswa menganggap sistem SNMPTN dan SBMPTN sama. Padahal ada beberapa perbedaan cukup mendasar. Oleh karena itu, bagan dibawah sebagai gambaran tahapan-tahapan dalam SBMPTN
Beberapa item yang harus dibedakan di antara kedua jalur tersebut:
  1. SBMPTN tidak peduli asal dan jurusan sekolahmu dulu. Jadi entah kamu dari SMA IPA, IPS atau SMK kamu bebas memilih jurusan kelompok saintek atau soshum, cuma ya seperti dalam bagan diatas, jurusan yang kamu pilih akan mempengaruhi jenis ujian yang akan kamu jalani. Misal nih, contoh si Frieska anak SMK Farmasi, trus dia pas SBMPTN milih pilihan 1 itu jurusan Farmasi UNAIR (Saintek-wilayah III), pilihan 2-nya Kimia ITS (Saintek-wilayah III) dan pilihan 3 Manajemen UGM (Soshum-wilayah II), maka jenis ujian yang dia harus jalani adalah kelompok campuran,karena jurusan yang diambil Frieska terdapat jurusan kelompok saintek dan soshum.
  2. Wilayah tidak sama dengan provinsi. Di SNMPTN terdapat aturan bahwa salah satu jurusan yang dipilih harus berasal dari PTN yang berada satu provinsi dengan asal sekolah. Nah kalo di SBMPTN agak beda aturannya, di SBMPTN aturannya salah satu jurusan yang dipilih harus berasal dari PTN yang berada satu wilayah dengan panitia lokal tempat peserta mengikuti ujian.  Wilayah di sini tidak sama dengan provinsi, wilayah merupakan gabungan dari beberapa provinsi, yang tentuscope-nya lebih luas. Dalam contoh nomor 1 di atas, Frieska bisa mengikuti ujian di semua panitia lokal dalam wilayah II dan III, karena jurusan yang dia pilih berasal dari PTN di kedua wilayah tersebut.

B) Kesalahpahaman tentang Passing Grade

Passing grade (batas minimal) merupakan fenomena tersendiri yang popular bagi calon mahasiswa baru. Banyak yang beranggapan bahwa passing grade merupakan batas minimal agar diterima di sebuah PTN. Pandangan itu sebetulnya keliru, karena pada dasarnya PTN maupun panitia SBMPTN tidak pernah menggunakan passing grade dalam sistem seleksi penerimaannya.
Sederhananya, pertimbangan peserta ujian lolos/tidak adalah berdasarkan nilai-nilai terbaik yang disesuaikan dengan kuota. Misal kuota jurusan Teknik Kimia PTN X tahun ini 50 anak, maka 50 anak dengan nilai terbaik yang mendaftar PTN X yang akan diterima. Jadi pada prinsipnya, jangan menjadikan passing grade sebagai indikator, kejarlah nilai setinggi-tingginya untuk bisa mengalahkan para pesaing lo yang mau jurusan/prodi yang lo incer.

Follow Us @hmjpe_unnes